Wednesday, February 20, 2019

Begini Cara Cerdas Mengatur Uang untuk Pekerja Freelance

Freelance menjadi salah satu jenis pekerjaan yang banyak diminati oleh masyarakat saat ini. Kita menyebut para pekerja freelance ini sebagai freelancer atau pekerja lepas. Freelancer menjadi salah satu jenis profesi yang banyak digeluti oleh masyarakat saat ini, terutama oleh golongan anak muda.  

Freelance

Konsep bekerja bagi para freelancer jelas berbeda dengan pekerja kantoran pada umumnya. Freelancer bekerja sesuai dengan proyek job yang mereka terima. Freelancer tidak memiliki jadwal bekerja yang tetap seperti pekerja kantoran lainnya. Selain itu, freelancer juga tidak memiliki pendapatan yang tetap jumlahnya seperti pekerja kantoran lainnya. 

Bicara soal pendapatan, seringkali orang memAndang sebelah mata para freelancer. Karena tidak memiliki pendapatan yang tetap, para freelancer sering dianggap remeh. Padahal, freelancer bisa jadi mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar dari pekerja kantoran. Besarnya penghasilan memang tidak tetap namun banyak juga freelancer yang kaya.

Mengatur Uang
Besarnya uang yang diterima oleh seorang freelancer setiap bulannya tidaklah tetap. Bisa jadi tinggi bisa jadi rendah tergantung pada proyek yang dikerjakan oleh freelancer tersebut. Namanya saja pekerja lepas maka penghasilan yang didapatkan juga tidak terikat peraturan apapun. 

Mengatur uang dengan baik menjadi sebuah kunci bagi freelancer untuk bisa kaya berkat hasil kerjanya. Jika Anda ingin menjadi seorang freelancer yang sukses dan kaya, maka Anda harus bisa mengatur keuangan Anda dengan sebaik mungkin. Berikut adalah beberapa tips mengatur keuangan dengan baik untuk pekerja freelance :

1. Catat Pemasukan
Catatlah pemasukan yang Anda dapatkan sebagai freelancer. Karena freelancer bisa mendapat pemasukan yang jumlahnya bervariasi, maka silakan catat penghasilan Anda setiap bulannya. Dari uang yang ada itu, Anda bisa segera berbelanja aneka kebutuhan sehari-hari. Dengan mengetahui besarnya pendapatan, maka Anda bisa lebih cerdas mengatur pengeluaran.

2. Belanjakan Uang sesuai Prioritas
Belanjakan uang yang Anda dapatkan dari hasil kerja keras sesuai dengan proritas. Susunlah skala prioritas barang apa saja yang harus dibeli. Setelah menerima gaji bulanan maka Anda bisa berbelanja beragam jenis kebutuhan yang sudah diurutkan berdasarkan prioritas.

3. Sisihkan Uang sebagai Tabungan
Jangan lupa untuk selalu menyisihkan uang gaji Anda sebagai tabungan. Menabung memang selalu penting untuk dilkukan dan harus dibiasakan sejak dini. Jika bulan ini Anda mendapat banyak job maka honor yang didapat juga akan semakin besar. Jangan menghabiskan semuanya namun sisihkan sedikit uang untuk ditabung.

4. Berusaha Hemat
Jika bekerja sebagai freelancer maka Anda harus siap untuk berhemat dalam kehidupan sehari-hari. Anda harus menggunakan uang gaji dengan sebaik mungkin. Jadi, sebaiknya jangan berfoya-foya dan menghabiskan uang gaji Anda untuk hal-hal yang tidak penting. Usahakan sebisa mungkin untuk berhemat bagaimanapun caranya.

5. Pisahkan Tabungan Anda
Buatlah tabungan yang terpisah. Anda bisa membuat rekening khusus untuk menerima gaji dan rekening yang memang digunakan untuk menabung. Dengan begitu, Anda bisa menabung secara aman tanpa takut uangnya diambil dan digunakan untuk keperluan yang lain. Memisahkan tabungan bisa menjadi salah satu cara efektif agar Anda bisa menabung dengan baik.

Itulah tadi beberapa tips cerdas mengatur keuangan bagi para pekerja freelance. Freelancer sebenarnya adalah sebuah pekerjaan yang menyenangkan. Anda bisa bekerja kapan saja dan dimana saja. Freelancer saat ini tak hanya bisa menjadi profesi sampingan tapi juga bisa menjadi profesi atau sumber pemasukan utama bagi Anda jika ditekuni dengan baik.

No comments:

Post a Comment