Sunday, October 21, 2018

Kelebihan Asuransi Kesehatan Swasta Dibanding BPJS

Hadirnya sebuah asuransi kesehatan BPJS yang preminya lebih murah dengan manfaat yang lebih luas ini sering kali menimbulkan sebuah pertanyaan tentang apakah masih harus memiliki asuransi dari perusahaan swasta? Tentu saja hal ini sering kali menjadi pertanyaan bagi sebagian besar orang. Karena sebenarnya ada kelebihan dan kekurangan sendiri di antara keduanya. Namun kali ini, akan kami sampaikan beberapa kelebihan dari asuransi swasta, seperti Ciputra Life ini dibandingkan menggunakan asuransi BPJS, antara lain:
Pertama, asuransi BPJS itu prosesnya jauh lebih panjang dibandingkan dari asuransi swasta. Karena BPJS itu berlaku sistem rujukan yang berjenjang. Sehingga, Anda tidak dapat serta merta datang ke rumah sakit dan meminta ke dokter spesialis. Peserta wajib mendatangi fasilitas kesehatan di tingkat pertama terlebih dahulu, seperti ke dokter keluarga, puskesmas, dan klinik untuk mendapatkan rujukan.
Barulah nanti setelah fasilitas kesehatan di tingkat pertama ini memberikan diagnosa dan rujukan untuk peserta ke rumah sakit tertentu yang sudah bekerja sama dengan BPJS, Anda baru bisa berobat ke rumah sakit. Hal ini berbeda sekali dengan asuransi swasta yang mana semuanya lebih praktis. Semua ada di tangan peserta, dimana mereka bisa langsung mengajukan klaim ke pihak asuransi ketika Anda sudah selesai berobat ke rumah sakit.



Kedua, untuk tindakan perawatan disini, meskipun bisa menanggung biaya persalinan untuk operasi caesar, namun tetap saja peserta tidak bisa meminta operasi sendiri tanpa ada rujukan. Peserta tidak akan mendapatkan biaya pergantian persalinan caesar dari asuransi BPJS, bila peserta tidak mendapatkan rujukan dari dokter. Sehingga, peserta hanya akan mendapatkan pergantian biaya senilai persalinan normal saja.
Ketiga, BPJS hanya bisa digunakan untuk puskesmas atau klinik tertentu yang sudah bekerjasama dengan pihak BPJS saja. jadi, fasilitas kesehatan pertama yang dapat dipakai adalah fasilitas kesehatan yang memang sudah ditunjuk oleh pihak BPJS. Bila Anda merasa tidak cocok terhadap faskes I yang telah ditunjuk, maka Anda baru bisa mengubahnya sesudah 3 bulan. ini beda sekali dengan asuransi swasta. Saat Anda berada di luar kota, tetap saja Anda hanya bisa berobat ke faskes I yang telah ditunjuk. Seperti itulah persyaratannya saat ini. Kecuali bila terjadi kondisi yang benar-benar gawat darurat.
Ke-empat, prosesnya yang berbelit ini berbeda sekali dengan asuransi swasta. Di dalam asuransi swasta itu tidak ada sistem rujukan yang berjenjang. Peserta dapat ke rumah sakit secara langsung di rumah sakit mana saja untuk proses rawat inap ini. Prosesnya lebih cepat dan sederhana. Anda dapat mengklaimnya dengan cepat tnpa harus melewati proses yang panjang.
Kelima, bila Anda menggunakan asuransi BPJS, maka Anda harus siap-siap dengan antrian yang panjang. Untuk jaminan kesehatan di kelas nasional, jumlah peserta BPJS itu ada banyak. Semuanya datang dari berbagai macam kalangan. Entah itu dari swasta, pegawai negeri, orang yang bekerja dan tidak bekerja. karena preminya yang terjangkau, hal ini memberikan daya tarik tersendiri.
Akibatnya, antriannya menjadi lebih panjang. Banyak sekali keluhan utama dari para peserta yang harus antri panjang di rumah sakit saat mereka memakai fasilitas kesehatan BPJS ini. Ini berbeda sekali dengan asuransi swasta seperti Asuransi Ciputra Life. Tentu saja antrian yang panjang ini bisa menjadi masalah besar saat Anda mengalami kondisi yang benar-benar emergency. Apalagi, tidak semua rumah sakit bekerja sama dengan pihak BPJS.

No comments:

Post a Comment