Ketahui Cara Membersihkan Tas Sesuai Bahan Berikut Ini

Tas Kanvas Totebag Yurzuf

Banyak orang yang memiliki banyak tas, tapi mereka masih bingung dan tidak tahu bagaimana cara untuk membersihkan tas. Apalagi saat ini banyak sekali tas dengan beragam model dan jenis. Semuanya memiliki fungsinya sendiri, salah satunya adalah tas kanvas yang dijual di toko - toko jual tas kanvas. Tas yang tidak dibersihkan sesuai dengan bahannya bisa menjadikannya cepat rusak dan tidak bisa terlihat menarik lagi. 

Untuk merawat tas agar selalu tampak baru, Anda harus mengenali tas terlebih dahulu. Perawatan yang diberikan kepada setiap jenis bahan tas pun akan jelas – jelas berbeda. Ini dia beberapa tips yang bisa Anda coba untuk membersihkan tas sesuai dengan bahannya :

Kulit (leather)
Bahan tas yang pertama yaitu kulit. Ia memiliki tekstur yang paling awet dan berkualitas untuk dijadikan tas. Merawatnya pun juga harus rutin dilakukan. Anda bisa menyemir tas kulit (pilihlah semir dengan warna netral) dengan jangka waktu setiap 3 – 4 bulan sekali. Anda bisa memakai sikat berbulu halus. Lalu mulailah dengan menyemir dari bagian bawah tas agar semir tidak merusak warna tas. Setelah itu, sikatlah perlahan sesuai dengan tekstur kulit.

Patent Leather 
Selanjutnya yaitu patent leather (kulit lak paten). Untuk membersihkan tas dengan bahan ini, Anda bisa menggunakan mineral oil, petroleum jelly atau aseton untuk membantu membersihkan noda kecil atau kotoran pada tas Anda. Setelah itu, letakkan pembersih yang Anda gunakan di atas kain yang lembut dan usapkan dengan perlahan lalu tekan lembut pada bagian yang terkena noda sampai hilang.

Kain
Biasanya tas dengan bahan kain dirawat dengan memakai vacuum cleaner yang berukuran kecil. Dengan alat itu, maka semua kotoran dan debu bisa lebih mudah hilang. Tetapi menggunakan vacuum cleaner ini hanya bisa untuk tas yang memiliki konstruksi kuat. Jika tidak, Anda bisa mencoba membersihkannya dengan air hangat dan sedikit sabun detergent. Tas dengan bahan kain lebih baik tidak disikar, cukup kucek sedikit hingga noda yang ada menghilang.

Tas kain dengan banyak ornament, misalnya manik – manik, bebatuan, dan lainnya tentu lebih sukar untuk dibersihkan, apalagi jika terkena noda. Jika Anda suka,  Anda bisa memilih tas kanvas totebag yang memiliki model tas yang tidak ribet dan lebih mudah dibersihkan. Untuk tas jenis kain dengan banyak ornamen lebih baik jangan membersihkannya sendiri, karena Anda bisa merusak ornament yang ada.

Cara mudahnya adalah dengan mengunjungi tukang tas yang bisa membersihkannya. Jika Anda tidak bisa merawatnya, lebih baik Anda simpan ke dalam kantong khusus ketika membeli tas tersebut.

Itu dia beberapa tips membersihkan tas sesuai dengan bahannya. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda pecinta tas, agar tas kanvas totebag yang Anda miliki bisa awet dan tidak cepat rusak. Karena tas dapat mempercantik penampilanmu dalam beraktifitas sehari – hari. 

Comments