Tips Memilih Jasa Membangun Rumah Yang Terpercaya

Jasa Bangun Rumah

Sebelum menjatuhkan pilihan pada pihak kontraktor untuk menyelesaikan proyek bangun rumah, Anda pasti dihadapi oleh banyaknya jumlah kontraktor yang tersedia. Modern ini, penyedia jasa bangun rumah dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kontraktor dan pemborong. Apa sih sebenarnya perbedaan kontraktor dengan pemborong? Singkatnya, kontraktor itu adalah penyedia resmi jasa membangun rumah yang merupakan lembaga bonafit, sementara pemborong adalah sekumpulan orang yang notabene adalah tukang bangunan yang membentuk tim kerja sendiri. Meskipun pemborong bukanlah jenis penyedia jasa resmi untuk membangun rumah, bukan berarti hasil kerja mereka asal-asalan, lho. Begitu juga dengan kontraktor, tidak semua kontraktor itu jujur dan bertanggung jawab, kok. Nah, kalau sudah begini, Anda mungkin bertanya -tanya, “Harus percaya yang mana nih untuk menangani proyek pembangunan rumah saya? Pemborong, atau kontraktor? 


Sebenarnya, baik pemborong maupun kontraktor, keduanya sama-sama merupakan pilihan yang bisa diandalkan untuk menangani masalah pembangunan rumah Anda. Namun, ada beberapa hal umum yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk memberi kepercayaan menggarap proyek kepada pemborong, atau kontraktor. Berikut akan diulas beberapa tips bermanfaat yang dapat Anda terapkan sebelum memilih jasa pembangun rumah.

1. Lihat track record calon pemborong/kontraktor
Track record atau jejak rekam pemborong/kontraktor sangat berguna sebagai bahan pertimbangan Anda sebelum memilih penyedia jasa karena melalui jejak rekam lah Anda dapat mengetahui kemampuan para penyedia jasa. Apakah penyedia jasa tersebut rapih dan sangat memperhatikan detail dalam mengerjakan proyek atau tidak, dan sebagainya. 

2. Gunakan layanan konsultasi 
Biasanya setiap penyedia jasa menyediakan jasa konsultasi bangun rumah tanpa dipungut sepeser pun biaya alias gratis. Anda dapat menggunakan fasilitas ini untuk berdiskusi mengenai masalah bangun rumah, dan mereka akan menyediakan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Anda. Dengan berkonsultasi secara gratis, Anda dapat mengetahui bagaimana cara penyedia jasa menyelesaikan permasalahan-permasalahan membuat bangunan rumah. Dengan begitu, Anda dapat membandingkan antar penyedia jasa membangun rumah, dan memilih yang terbaik di antara semua penyedia jasa.

3. Pilih yang sesuai bujet
Tips selanjutnya sebelum memilih penyedia jasa bangun rumah, sebaiknya Anda memikirkan berapa bujet yang harus Anda keluarkan untuk membayar jasa kontaktor atau pemborong. Pilih pihak pembangun yang mematok harga paling rasional dan sesuaikan dengan kemampuan Anda agar tidak besar pasak daripada tiang. Mungkin kontraktor yang memiliki reputasi baik akan mematok harga yang lebih tinggi dibanding kontraktor yang kurang bagus atau malah pemborong, namun pasti hasilnya juga akan setimpal dengan harga yang Anda bayarkan. Meskipun begitu, jangan berkecil hati jika Anda memiliki bujet yang terbatas. Tidak semua pihak pembangun rumah yang memiliki reputasi baik selalu mematok harga tinggi kok, jika Anda mau pintar-pintar mencari.

4. Hindari sistem borongan harian
Sebisa mungkin, hindari sistem borongan harian dan gunakan saja sistem borongan total. Meskipun secara teori sistem harian akan sangat efektif karena proses pengerjaan proyek Anda berlangsung secara terus menerus, tanpa ada hari di mana tukang libur bekerja. Namun dalam aplikasinya, banyak orang yang mengeluhkan sistem ini membuat proyek menjadi tidak cepat selesai dan kurang efektif karena harus dipantau terus menerus. 

5. Pilih penyedia jasa sesuai dengan spesialisasinya
Beberapa penyedia jasa pembangun rumah memiliki spesialisasinya sendiri-sendiri dalam mengerjakan pekerjaan membangun rumah. Ada yang spesialisasinya adalah membangun rumah model minimalis, ada yang spesialisasinya rumah bergaya mediteranian, tradisional, rumah pantai, dan lain-lain. Sesuaikan gaya rumah yang Anda pilih dengan bidang spesialisasi pihak pembangun rumah. Jika Anda menginginkan rumah dengan tipe 36, carilah pihak pembangun yang malang melintang di bidang proyek pembangunan rumah bertipe 36. 

6. Pertimbangkan rekomendasi orang-orang 
Rekomendasi para konsumen yang pernah memakai jasa suatu pembangun rumah perlu Anda juga menjadi pertimbangan Anda dalam memilih kontraktor atau pemborong bangunan. Dengarkan juga pihak-pihak pembangun yang direkomendasikan oleh orang-orang terdekat Anda yang pernah membuat proyek serupa. Hindari memilih pembangun rumah yang belum memiliki banyak feedback dari konsumen dalam bentuk rekomendasi. Rekomendasi adalah bentuk kepuasan konsumen terhadap penyedia jasa, sehingga minimalnya jumlah rekomendasi yang diterima oleh sebuah pihak kontraktor atau pembangun secara tidak langsung berarti tingkat kepuasan pelanggan rendah.

7. Jika Anda pilih kontraktor, pilih yang bersedia terikat kontrak. 
Jangan pernah membuat kesepakatan dengan kontraktor bangunan tanpa adanya hitam di atas putih. Dalam kaitannya dengan kerjasama Anda dengan kontraktor, Anda harus menuliskan dengan lengkap dalam bentuk poin-poin klausa tentang segala hal yang harus, boleh, dan tidak boleh dilakukan oleh pihak kontraktor dalam mengelola proyek besar Anda. Juga sertakan sanksi apa saja yang mengikat pihak kontraktor dengan Anda jika salah satu pihak melanggar perjanjian. Kontrak ini sangat diperlukan sebelum memulai proses pengerjaan proyek pembangunan sebagai jaminan hukum jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di tengah berjalannya proyek Anda. Jika kontraktor yang Anda pilih tidak bersedia untuk terikat kontrak dengan Anda, lebih baik Anda batalkan kerja sama karena Anda dapat beresiko tertipu.

Demikianlah ketujuh tips memilih jasa membangun rumah terpercaya. Baik itu kontraktor atau pemborong, jangan pernah melewatkan hal-hal di atas demi meminimalisir resiko terjadinya hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Comments